fbpx

KULIYYATUL MU’ALLIMAT AL ULYA

PROFIL UNIT KULIYYATUL MU’ALLIMAT AL ULYA

Jenjang Pendidikan Setingkat SMA Khusus Putri

 

Kuliyyatul Mu’allimat Al-Ulya mendidik kader muslimah yang beraqidah  lurus, beribadah benar,  berakhlak mulia,  sehat  mental  dan  fisik,  siap menjadi pendukung dan berperan aktif dalam dakwah menegakkan izul Islam wal muslimin.

Lama pendidikan 3 tahun diperuntukkan bagi putri lulusan Kelas Persiapan (I’dad Lughawy) Pondok Pesantren Miftahul Huda, atau lulusan Pondok Pesantren (Boardingschool) lain setingkat SMP/MTs atau yang sederajat dan telah memenuhi persyaratan penerimaan.

Lulusan unit ini diharapkan :

  1. Hafal Al Qur’an minimal 5 juz.
  2. Beraqidah yang lurus beribadah dengan benar dan berakhlaq mulia.
  3. Dapat membaca Al Qur’an dengan fashih secara tartil mengikuti makna dan tafsirnya sesuai dengan pemahaman salafush sholeh.
  4. Dapat memahami Hadits Nabawi beserta ilmunya.
  5. Dapat memahami dasar-dasar dienul Islam.
  6. Terampil berbahasa Arab dan Inggris.
  7. Memiliki keterampilan berdakwah.
  8. Dapat bertindak dewasa dalam menyelesaikan segala problematika kehidupan.
  9. Hidup sederhana dan mandiri.
  10. Mampu berperan sebagai pendidik anak-anaknya di masa yang akan datang.

PROFIL UNIT I’DAD LUGHOWIY KMA AL-ULYA

Unit I’dad Lughowiy Pondok Pesantren Miftahul Huda diperuntukkan bagi lulusan SMP/MTs atau yang sederajat non pesantren dengan lama pendidikan satu tahun. Program pendidikan diarahkan pada kecakapan bahasa Arab dan materi dasar kepesantrenan (diniyyah) sehingga selesai pendidikan siswa diharapkan dapat memiliki kemampuan yang setara dalam kemampuan berbahasa dan penguasaan ilmu dien dengan lulusan SMP/MTs berbasis pesantren (Boarding School).

Kepada santri yang tuntas menempuh pendidikan dan lulus pada ujian akhir diberikan Hasil Evaluasi Belajar dan keterangan untuk bisa melanjutkan ke  Kuliyyatul Mu’allimat Al-Ulya.