MENELADANI POLA HIDUP SEHAT RASULULLAH

0
16

MENELADANI POLA HIDUP SEHAT RASULULLAH

Para pembaca oase iman yang dirahmati Allah Ta’ala, kesehatan adalah nikmat duniawi terbesar yang Allah karuniakan kepada para hamba-Nya, karena dengan sehat kita bisa merasakan kenikmatan yang lainya seperti makan dengan nikmat, tidur dengan nyenyak dan ibadah dengan baik. Sebaliknya ketika kita sedang sakit maka kita akan terhalang dari menikmati nikmat yang lainya, makan tidak enak, tidur tidak nyenyak, dan ibadah jadi terhalang. Maka hidup sehat adalah kebutuhan setiap makhluk hidup.

Rasulullah adalah suri teladan terbaik bagi kita, setiap sisi kehidupan Rasulullah bisa kita jadikan teladan, termasuk pola hidup sehat yang beliau lazimi menjadikan Rasulullah senantiasa sehat dan tidak pernah sakit kecuali menjelang wafat beliau karena pengaruh racun yang diberikan oleh seorang wanita yahudi. Maka kalau kita ingin sehat lazimilah pola hidup sehat ala Rasulullah.

Lalu bagaimana pola hidup sehat ala Rasulullah SAW ? diantara pola hidup sehat ala Rasulullah adalah sebagai berikut :

  1. Makan makanan yang halal dan baik.

Rasulullah selalu mencontohkan kepada umatnya supaya selalu mengkonsumsi makanan makanan yang halal dan juga baik yang menyehatkan tubuh kita.

“hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu” (QS. Al Baqarah : 168)

  1. Makanlah secukupnya dan sisakan untuk udara

Seperti dalam hadits berikut,”anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

  1. Tidak meniup makanan atau minuman panas

Rasulullah melarang meniup makanan atau minuman panas itu dapat dijelaskan secara teori ilmiah.

yaitu, jika melakukannya maka bisa berdampak merusak kinerja ginjal juga dapat meningkatkan resiko serangan jantung.

  1. Tidak makan dan minum sambil berdiri

“Dari Anas bin Malik ra, dari Rasulullah SAW bahwasanya beliau melarang seseorang untuk minum dengan berdiri. Qatadah bertanya kepada Anas, bagaimana kalau makan?, Anas menjawab, kalau makan dengan berdiri itu lebih jelek dan lebih buruk”, (HR. Muslim)

  1. Istiqomah melakukan puasa sunnah

Dengan berpuasa sunnah selain mendapat pahala juga dapat membuat tubuh kita sehat karena dapat mengurangi lemak.

Semoga kita dimampukan untuk istiqomah meneladani pribadi Agung Rasulullah SAW sehingga kelak kita dikumpulkan bersama dengan Rasulullah, salah satunya dengan melazimi pola hidup sehat ala Rasulullah SAW, Aamiiin.

Al-Faqiir Muhammad Faqih

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini